15 FAKTA LUAR BIASA TENTANG MENGKONSUMSI BUAH DAN SAYURAN YANG MUNGKIN TIDAK DIKETAHUI OLEH ANDA

fruit

Didalam sejarah manusia, buah-buahan dan sayur-sayuran telah berkecimpung didalam diet manusia. Buah dan sayuran tersebut ada yang dapat dimakan mentah-mentah, didinginkan, dibekukan dan dikombinasikan dengan sangat kreatif untuk dijadikan cemilan ataupun sebagai makanan pelengkap lainnya.

Biasanya buah-buahan lebih sering di jus namun didalam beberapa kasus tertentu, kulit jeruk dapat digunakan sebagai bumbu untuk makanan lain. Karena banyak orang yang mengetahui tentang buah-buahan dan sayuran, mari kali ini saya akan membahas beberapa dari mereka.

1. Tidak ada hal yang buruk apapun didalam buah-buahan dan sayur-sayuran seperti kalori yang negatif

Terdapat mitos lama yang berkembang di luar sana seperti apabila anda mengkonsumsi beberapa buah-buahan dan sayuran, tubuh kita akan membutuhkan banyak kalori untuk mencernanya sehingga kalori yang diberikan buah dan sayur tidak masuk ke dalam tubuh. Kabar baiknya adalah ini hanyalah mitos omong kosong.

Ada makanan di luar sana yang memiliki kalori sangat rendah. Misalnya sebatang seledri memiliki 6 hingga 10 kalori. Terdapat metrik yang disebut TEF (Thermal Effect of Food) untuk mengukur seberapa banyak kalori yang digunakan untuk mencerna makanan. Secara umum, tubuh kita hanya memerlukan 10% sampai 20% untuk mencerna makanan. Itu berarti sebatang seledri masih memberikan anda 8 kalori, bahkan setelah tubuh anda selesai mencernanya.

2. Buah pisang sangat menarik

Pisang adalah buah terfavorit di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, pisang juga memiliki kadar kalium yang sangat tinggi, dan bertambah kelezatannya ketika mereka ditempatkan didalam piring dan dicampur dengan es krim plus sirup coklat. Pisang juga merupakan buah yang paling menarik di dunia.

Pada tahun 1950, penyakit yang disebut Panama Disease telah dihapuskan oleh seluruh spesies pisang dan juga karena para petani termotivasi untuk menggunakan pisang Cavendish yang kita semua makan sampai pada hari ini. Pisang yang kita makan ini merupakan kloning dari tanaman pisang tunggal yang berasal Asia Tenggara yang berarti bahwa setiap pisang adalah pisang yang sama. Selain itu, pisang secara teknis merupakan salah satu buah herbal.

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah nutrisi didalam berbagai bentuk

Terdapat rumor populer yang beredar bahwa sayuran dan buah yang dibekukan tidak memiliki kandungan gizi dan nutrisi lagi. Namun ini semua tidak benar. Studi yang dikemukakan FDA telah menyimpulkan bahwa setiap sayur dan buah yang dibekukan akan memberikan nutrisi yang jauh lebih baik. Jadi, anda bisa mengkonsumsinya dengan mentah, beku atau bahkan dibuat jus dan anda akan mendapatkan manfaat yang sama.

4. Buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki kaya serat

Banyak orang yang telah mengetahui hal ini, tetapi yang mereka tidak ketahui adalah manfaat serat. Serat dapat membantu anda supaya BAB secara teratur, membantu menurunkan kolesterol, mengatur gula darah, dan membantu anda merasa kenyang lebih lama. Hampir semua hal yang serat berikan kepada anda terkait dengan kesehatan, seperti menurunkan berat badan dan membuang racun didalam tubuh.

5. Beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung toksin yang berbahaya

Tidak ada keraguan didalam pikiran siapapun jika mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran akan memberikan kesehatan bagi tubuh. Namun, sedikit fakta telah beredar tentang beberapa buah-buahan dan sayuran mengandung bahan kimia beracun. Toksin yang paling banyak dikenal dalam buah-buahan adalah sianida.

Seperti banyak orang ketahui, sianida selalu melekat dalam buah apel. Hal ini juga dapat ditemukan di buah apricot, persik dan singkong. Kentang juga mengandung toksin berbahaya yang disebut dengan solanin. Makanya kentang sangat jarang rusak oleh hama dan para petani menanam mereka dengan cara tertentu dan menjaganya dengan toksin.

6. Sayuran yang paling dibenci di dunia adalah salah satu sayuran yang terbaik untuk tubuh anda

Di berbagai negara di seluruh dunia, kol Brussel dikenal sebagai sayuran yang paling nikmat di luar sana. Beberapa dari mereka mengklaim bahwa rasa pahit yang ditawarkan kol tersebut menghalangi kenikmatan sejati dan banyak orang yang memasak kol tersebut untuk menghapus rasa pahitnya.

Namun sayang, mereka tidak mengetahui bahwa kol Brussel adalah salah satu sayuran yang paling bergizi di dunia. Kol ini dikemas dengan vitamin dan mineral, tidak memiliki kalori, tanpa lemak, tanpa kolesterol dan dapat mengenyangkan anda.

7. Brokoli mengandung kandungan protein yang tinggi

Brokoli mendapatkan image buruk beberapa tahun yang lalu ketika mantan Presiden AS, George W. Bush menyatakan bahwa ia tidak akan mengkonsumsi sayur ini lagi. Sayangnya, hal itu merupakan langkah terburuk karena brokoli sangat baik untuk tubuh anda. Selain mengandung nutrisi yang banyak, brokoli secara umum memiliki banyak kandungan protein.

Karena brokoli tidak memberikan lemak jenuh dan trans ataupun kolesterol, anda bisa mendapatkan semua protein yang anda butuhkan dengan resiko signifikan lebih rendah akan penyakit jantung. Namun anda jangan pernah melupakan semua nutrisi mengagumkan lainnya yang diberikan oleh brokoli. Biji labu juga merupakan pilihan terbaik karena mereka memiliki lebih banyak protein.

8. Buah nanas dapat menghancurkan selera anda

Percaya atau tidak, pernyataan ini adalah fakta. Menurut para ilmuwan, buah nanas mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Jika anda membaca sumber lain terkait nanas, semua mengatakan hal yang sama. Enzi mini akan memecahkan protein didalam mulut anda, termasuk selera anda. Namun ternyata enzim didalam nanas juga memberikan dampak positif seperti melunakkan daging yang kita makan. Nanas adalah buah dan itu berarti ia bagus untuk dikonsumsi.

9. Paprika dapat mendukung proses pembekuan

Paprika dikenal karena kebanyakan orang menggunakannya sebagai bumbu masakan daripada menggunakan mereka sebagai makanan. Sebuah fakta muncul tentang cabai paprika, mereka dapat membekukan darah apabila kita terluka. Menurut para ahli, anda dapat menaburi beberapa serpihan paprika ke dalam luka dimana ia akan bertindak sebagai kain kasa.

Hal ini akan membantu menghentikan pendarahan. Mengkonsumsi paprika juga dapat membantu kita untuk menyesuaikan tekanan darah dan meningkatkan pembekuan dari dalam.

10. Buah apel memberikan anda lebih banyak energi daripada kopi

Ada baiknya anda mengganti menu kopi di pagi hari dengan sebuah apel. Ia dapat memberikan anda karbohidrat yang tinggi, vitamin, mineral dan energi. Apel memiliki kandungan nutrisi yang sempurna untuk membantu anda tetap berenergi sepanjang hari.

11. Buah semangka dapat membuat anda terhidrasi

Semangka tidak hanya kaya akan gizi, tetapi mereka juga dapat memainkan peran kunci dalam menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi. Jauh sebelum teknologi air dan pipa berkembang seperti ini, orang dulu selalu membawa beberapa semangka ketika melakukan perjalanan panjang agar dapat menjaga tubuhnya tetap terhidrasi.

Fakta menyebutkan bahwa sebanyak 92% buah semangka mengandung air sehingga orang dulu sering mengandalkan buah ini sebagain pengganti air minum. Itulah sebabnya mengapa semangka selalu menjadi makanan favorit saat piknik, berkunjung di pantan atau kegiatan outdoor lainnya.

12. Buah anggur adalah buah yang mengerikan ketika anda berada didalam masa perawatan

Buah anggur adalah salah satu buah yang paling bergizi di dunia. Sayangnya, mereka dilengkapi dengan sedikit stigma. Apabila anda mengkonsumsi stigma dalam jumlah yang cukup besar, maka hal tersebut dapat membunuh anda. Misalnya anda sedang mengkonsumsi obat-obat tertentu setelah itu memakan buah anggur dalam jumlah yang cukup banyak, kandungan stigma bercampur obat dapat menyebabkan reaksi buruk yang bisa berakibat fatal.

Jika anda berada didalam perawatan, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi buah anggur karena bisa berakhir sangat buruk untuk anda.

13. Kulit pada buah dan sayur terkadang memiliki kandungan gizi

Jika anda mengupas kulit buah-buahan dan sayuran sebelum mengkonsumsinya, anda mungkin membuat kekeliruan disini. Buah-buahan dan sayuran seperti wortel, apel dan mentimun memiliki persentase nutrisi yang besar dan kesemuanya itu disimpan didalam kulitnya. Itu berarti ketika anda mengupas kulitnya, anda telah membuat nutrisi tersebut. Kulit pada buah dan sayur mengandung banyak serat.

14. Bawang sangat baik untuk tubuh anda

Bawang bisa membuat anda menangis dan membuat napas anda menjadi bau. Namun percaya atau tidak, bawang sangat baik untuk tubuh anda. Ternyata bawang mengandung lebih dari 100 senyawa sulfide. Senyawa ini memberikan sejumlah manfaat kesehatan seperti pencegahan asma dan beberapa jenis kanker.

Senyawa ini dapat anda temukan didalam daun bawang, bawang putih, bawang merah dan bawang Bombay. Kesemua jenis bawang ini memiliki manfaat kesehatan yang sama.

15. Bagian tangkai, kulit, atau kulit biasanya mengandung nutrisi yang lebih baik daripada buah dan sayurannya

Didalam beberapa kasus, bagian luar buah dan sayuran seperti yang dimaksudkan diatas lebih bergizi daripada didalamnya. Hal ini terdengar menyedihkan sebab biasanya bagian dalam merupakan bagian yang paling enak, bukan? Salah satu contohnya adalah kulit jeruk yang dapat memberikan segudang manfaat yang baik bagi tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *